Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Berbagai makhluk hidup yang terdapat di Indonesia sangat beragam. Kekayaan makhluk hidup yang dimiliki Indonesia baik flora dan fauna sangatlah beragam. Wilayah Indonesia merupakan negara yang luas dan kaya akan berbagai keanekaragaman baik itu di darat, laut maupun udara. Keanekaragaman di Indonesia mendorong para peneliti dan pecinta alam dunia untuk datang ke Indonesia guna meneliti flora dan fauna yang ada di negara kita ini.

Persebaran Flora dan Fauna di IndonesiaFlora dan fauna Indonesia dikelompokan menjadi 3 daerah, antara lain : daerah asia (asiatis), daerah peralihan, serta daerah yang mendapatkan pengaruh dari benua Australia (australis). Terdapat sebuah garis yaitu garis Wallace yang dibatasi Asiatis dengan peralihan, sedangkan garis weber membatasi antara peralihan dengan australis. Berikut persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran Flora di Indonesia

Tumbuhan yang hidup pada suatu tempat ada yang dapat tumbuh secara alami dan juga yang dibudidayakan manusia. Flora di berbagai tempat di dunia berbeda-beda, hal tersebut karena dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain : 
1. Iklim
2. Jenis tanah daerah tersebut
3. Tinggi rendahnya permukaan bumi
4. Biotik atau pengaruh makhluk hidup
Karena adanya faktor-faktor tersebut, Indonesia mempunyai banyak flora yang beranekaragam. Iklim pada suatu daerah mempunyai pengaruh yang besar terlebih pada suhu udara dan curah hujan. Daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi memiliki hutan yang lebat serta mempunyai berbagai jenis tanaman yang bervariasi, misalnya: di Sumatera dan Kalimantan.



Read more: http://Fahriz19blogspot.com/2017/04/p


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flora Indonesia bagian barat

Bunga Anggrek

Burung Maleo